LATEST UPDATES

Tuesday, May 31, 2016

KRONOLOGIS IBADAH 31 Mei 2016 DAN TEKANAN TNI_POLRI INTELEJEN INDONESIA

KNPB MNUKWAR, KRONOLOGIS IBADAH 31 MEI 2016 DAN TEKANAN TNI – POLRI SERTA INTEJEN INDONESIA

Ibadah PRD, NFRPB, WPNCL Dan Rakyat Papua Di Mnukwar, Di Mediasi Knpb Mnukwar Dalam Tekanan TNI - POLRI Di Manokwari
KNPB Mnukwar, 31 Mei 2016, kegiatan di mulai pada jam 09.00 wp di mulai ibadah  dengan puji- pujian dan penyampaian firman tuhan dari pdt. martinus manggara. dalam firman pengkhotba   3 ayat 4 -  16. kop pembacaan firman,  yaitu ketidak adilan dalam hidup.  pembacaan firman pada ayat 4 . lagi  aku melihat segalah penindasan dibawah matahari dan lihatlah air mata orang – orang yang ditindas dan yang tak ada yang  menghiburnya mereka. karena di pihak orang – orang yang menindas ada kekuasaan.
Dalam renungan firman tuhan dari pdt. manggara bahwa tanah ini mama orang papua, jika kita orang papua kegiatan atau ibadah sama seperti hari ini kita duduk di atas tanah dan  terik matahari kekuatan tuhan menghancurkan orang – orang jahat . berakhir penyampaian firman pada jam 10.00wp.  akhir dari penyampaian fiman tuhan dari pdt. martinus manggara. melanjutkan dengan orasi – orasi politik. orasi pertama dari knpb wilayah mnukwar sekaligus membacakan stekmen politik rakyat west papua.
pada jam 10. 30wp. orasi dari KNPB Mnukwar mewakili ketua KNPB Mnukwar dari sekretaris KNPB Mnukwar Melkias beanal.  ketua  KNPB MNUKWAR di tangkap pada Mei 2015 yang ada sekarang dalam tahanan LP kelas II B Mnukwar.  Melkias dalam orasinya, pada hari rakyat west papua ibadah mendukung ULMWP anggota penuh di MSG dan Rakyat ingin menentukan masa depannya sendiri Melalui Referendum. tidak ada kata sekelincir orang dalam perjuangan papua merdeka.
orang papua secara alami sejak di lahirkan sudah membentuk ideologi papua merdeka, secara otomatis dewasa menuntut haknay untuk menentukan masa depan untuk anak  cucu. biarkan kami bangsa west papua menentukan masa depan sendiri.
Dalam Orasinya Melkias beanal, mengatakan pada hari ini rakyat west papua bersama PRD, NFRPB DAN WPNCL YANG DI MEDIASI KNPB Mengadakan ibadah karena pada tanggal 30 mei – 1 me 2016 negara – negara  kulit hitam Africa, Caibbean, Pasific,  sedang berlangsungnya pertemuan di PNG, ibadah hari ini suatu bentuk dukungan kepada mereka Africa, Caibbean, Pasific (ACP) agar mereka membicarakan hak dasar orang papua untuk orang papua menentukan nasib melalui Referendum.
selanjutnya dalam orasi Melkias  beanal, hari ini  rakyat west papua aksi nasional dari sorang sampai merauke yang dimediasi KNPB adalah bentuk dukungan dari rakyat west papua,  kepada keluarga Melanesia, Menerima ULMWP sebagai anggota penuh di MSG dan  untuk membicarakan dan mengangkat isu Genocida di west papua dan kami juga mendesak intervensi PBB ke West Papua untuk kawal Referendum di tanah west papua. Setelah Orasi Singkat Membacakan Stekmen Politik Rakyat West Papua Di Mnukwar Adalah Sebagi Berikut, kami rakyat West Papua, yang dimediasi oleh KNPB menyampaikan bahwa:
Kami rakyat West Papua melalui ULMWP sudah siap menjadi anggota penuh MSG, dan berpartisipasi dalam membangun bangsa-bangsa Melanesia sesuai prinsip-prinsip dan komunike MSG.
Kami meminta kepada negara-negara Afrika, Karibia, dan Pasifik yang tergabung dalam ACP agar memperjuangkan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua di teritori West Papua.
Kami mendesak pembebasan tanpa syarat terhadap seluruh tahanan politik, termasuk Steven Itlay yang ditahan di Timika hanya karena memimpin ibadah bagi perjuangan bangsa Papua bersama rakyat West Papua.
selanjutnya orasi dari parlemen rakyat daerah (PRD) mnukwar, dalam orasinnya orang papua hari sedang dalam pemusnaan etnis melanesia sehingga kami hari ini mendukung penuh pertemuan MSG nantinya ULMWP mewakili orang papua di terima di MSG sebagai anggota full di MSG. kami juga mendukung pertemuan Africa, Caribbean Dan Pasifik yang sedeng pertemuan di PNG. Rakyat West Papua Mendukung negara – negara kawasan Africa Caribbean Dan Pasific membicarakan masalah orang papua untuk menentukan nasib sendiri.
Dalam orasi PRD ketua Febrik Rumander melalui sekretaris Rafael Natkime menghimbau kepada seluruh Rakyat West Papua yang ada di Manokwari bahwa tidak boleh terpancing dengan isu propoganda yang di buat oleh oknum – oknum tertentu. ada kelompok yang pro nkri sudah dan sedang aksi – aksi dan membakar benderah Bintang Fajar dan benderah KNPB oleh karena itu rakyat jangan terpancing biarkan mereka untuk menyampaikan hak politik mereka. PRD berharap rakyat jangan terpancing dan tidak boleh ada perlawanan antara kita orang papua.
selanjutnya orasi politik  dari organ pergerakan Negara Fedral Republik Papua Barat (NRFPB) melalui Gubernur Fedral Wilayah Domberai,  Markus Yenu, dalam orasinya kita bicara papua merdeka bebas itu fajar, bicara papua merdeka itu ibadah  yang sejati. diatas tanah papua ada orang – orang kulit hitam rambut keriting ras melanesia yang Tuhan taru di atas tanah ini. Hari kita bicara papua bebas dari perbudakkan itu hal yang fajar saja. Negara mana pun berhak untuk hidup bebas. Hari ini Tuhan ijinkan kita untuk ada di tempat ini. Kita di jajah oleh bangsa ini (indonesi). Dalam orasi yenu bahwa diatas tanah ini (papua) bisa bebas dari neraga manapun tetapi tidak boleh ada intimidasi terhadap orang papua. Markus yenu dalam orasinya bahwa dirinya tidak akan mundur dari papua merdeka, selanjutnya Yenu menyarankan orang papua tidak boleh mabuk lalu membicarakan papua merdeka, tidak boleh, tidak boleh dengan alkohol bicara papua. tuhan sudah patok untuk  tempat orang hidup tidak boleh orang kelaim tanah papua, tanah papua milik orang papua.
Selanjutnya foto bersam.  PADA JAM 12. 07WP, Setelah ibadah selesai dan sedang dalam foto bersama,  kekuatan full TNI – Polri datang di tempat kegiatan, depan Asrama Yahukimo, Amban Manunggal Besar sehingga tidak foto bersama Dan  pulang ke sekretariat KNPB di amper dan foto bersama di sekret KNPB Mnukwar.
Berikut kronologis tekanan dan Pendropan Militer TNI – Polri di tempat kegiatan ibadah. Sebelum kegiatan kapolsek amban bersama 5 anggota polisi datang ke tempat kegiatan ibadah pada jam 08.49wp dan negosiasi dengan keamanan knpb yang sedang berjaga di tempat kegiatan, dalam negosiasi polsek menyayakan tujuan ibadah polisi kamu ibadah jam berapa....? Jawab militan sekarang juga mau mulai ibadah,. Polisi: kami hanya datang pantahu saja setelah itu mereka kembali ke polsek amban.
Pada jam 09. 20wp. Ada dua orang intel datang negosiasi DAN TANYA JAWAB dengan keamanan KNPB Mnukwar,
Intel: ibadah mulai jam berapa?
Keamanan knpb : ibadah ada mulai sekarang juga.
Intel:  pendeta sudah datang atau belum?
Keamanan knpb: ibadah sudah mulai dan pendeta sedang memimpin ibadah,
Intel : pendeta nama siapa?
Militan knpb : kami tidak tahu nama pendeta dan tidak kasitahu nama pendeta. Intel: siapa – siapa yang terlibat dalam ibadah ini?
Militan knpb :  ibadah dilaksanakan oleh rakyat west papua dan dari prd, wpncl dan nrfpb yang dimediasi oleh knpb mnukwar.
Intel:  pihak ulmwp hadir kah tidak?
Militan knpb:  ulmwp itu kami rakyat west papua yang hadir ini.
Dalam ibadah berlangsung salah satu intelejen datang lagi  dan negosiasi untuk masuk kedalm tempat ibadah dalam negosiasi ini intelejen sempat berkata menegur militan knpb yang berjaga di depan jalan  bahwa kamu tidak berhak untuk jaga depan sini, kata militan kepada inteljen itu kami keamanan knpb, kami yang bertanggung jawab penuh menjaga keamanan disi. Intel indonesia itu meminta kepada militan knpb untuk masuk kedalam tempat kegiatan untuk foto dan kordinasi dengan koordinator ibadah dan bandan pengurus knpb, namun militan knpb dengan tegas menolak intelejen indonesia itu untuk dia pulang, sehingg intel itu dia pulang.
Di tempat yang berbedah ada dua intel negosiasi dengan  militan kanpb, dalam negosiasi itu intel indonesia bertanya, kanya ada kegiatan di dalam itu kah? Jawab militan kami ini keamanan knpb jadi bapak dorang masuk kedalam sana tempat kegiatan dan langsung menyayakan ke mereka di dalam.  Pertanyaan dan jawaban intel indonesi dan militan knpb bertahan sampai selama 3 kali sampai kedua orang intel indonesia  itu pulang.
Tak lama lagi datanglah intelejen indonesia yang mengunakan mobil avanza putih, stop di depan keamanan militan knpb yang sedang jaga keamanan  depan kegiatan, mereka turun dari mobil dan menuju ke militan KNPB dan memegang tangan militan KNPB dan berusaha mau merampas atau sitah HP yang di pegangnya keamanan KNPB.
Aksi ini membuat ada salah satu orang papua yang berstatus pegawai negeri indonesia membelah militan knpb itu dan menegur intelejen indonesia yang sedan berusaha rampas hanpone dari tangan militan knpb, akhirnya kedua intel indonesia kembali naik ke mobil dan pulang.
Selanjutnya datang lagi TNI – POLRI dari Polda Papua Barat, Polres Manokwari, TNI dan Brimob dari semua kesatuan datang ke tempat kegiatan untuk membubarkan kegiatan, ibadah mendukung ULMWP menjadi anggota penuh di MSG, mendukung pertemuan Africa, Caribbean, Pasific (ACP). Setelah tibah tempat kegiatan depan asrama Yahukimo amban, jln. Manunggal kecil. MENGUNAKAN PERALATAN PERANG LENGKAP MENGUNAKAN,
1, TIGA MOBIL PATROLI MILIK TNI, POLISI DAN POLANTAS
2. DUA BUS BRIMOB
3. SATU BUAH BARAK KUDA
4. DUA  KIJANG STRADA
5. TIGA MOBIL AVANZA
6. SATU TRUK SAMPAH
7. JUMLAH BANYAK SEPEDA MOTOR.
TNI – POLRI Lansung tibah di tempat kegiatan dan polisi berkata semua KNPB harus di tangkap dan berusaha masuk kedalam kegiatan tetapi dengan senang hati militan knpb berusaha negosiasi dengan kepolisian dan TNI –BRIMOB yang datang. Kata militan KNPB bahwa kami hari ini ibadah tidak ada kegiatan yang lebih dari itu. Akhrnya tidak terjadi apa yang mereka maksubkan.BERIKUT FOTO KEGIATAN DAN KEDATANGAN TNI - POLRI
























Share This :

Post a Comment

 

Top